--> Skip to main content

Berapa sih Modal menjadi seorang reskiner? saat memulai dari awal


Dalam memulai sesuatu tentunya ada sebuah modal yang harus terpenuhi agar kemudian apa yang kita jalanan akan sesuai dengan apa yang sudah di rencanakan, modal awal sangat bervariasi bisa kecil bisa besar tergantung projek apa yang mau di kerjakannya.

Menjadi seorang reskiner, ataupun seorang publiser jangan di kira tidak memiliki modal, nah apa saja itu modal seorang reskiner, saya akan bahas di bawah ini yang tentunya ini dari yang saya alami:

Modal Material
Dalam modal material adalah modal yang nampak secara fisik, dalam hal ini seorang reskiner pada saat mau memulai mengoprek sebuah aplikasi:
1. Laptop/pc menjadi kebutuhan saat kalian akan memulainya, beli lah pc atau laptop yang sesuai dengan spesifikasi android studio yang di rekomendasikan, kalian bisa beli baru atau second tergantuang kemampuan uang kalian, tapi saya beli dg harga 4jt an dengan spesifikasi core i5 generasi terbaru tapi saya belinya second ya.

2. Godev, saya membeli sebuah godev dengan harga 400rb di teman saya karena saya males mau buatnya ya hitung2 sambil bantu temen jualan, godev sangat penting ya soalnya kalian mau upload aplikasi dimana kalau gak punya godev.

3. Internet dalam hal ini saya menggunakan wifi id dengan biaya 50.000 perbulan, internet juga sangat penting loh buat nyati asset dan untuk hal lain.

4 akun admob (opsional) kenapa saya bilang opsional karena kalian bisa membuat sendiri secara mudah, waktu itu saya beli alun admob yang sudah verif pin dan tinggal gajian seharga 1.2jt

Modal non fisik
Modal non fisik dalam awal kalian menjadi seorang reskiner adalah waktu dan tenaga untuk ngulik depan laptop. Kadang saya menghabiskan malam dengan ngooding dan membuat sebuah asset, untuk disini kalian harus bisa membagi waktu antara kehidupan kalian dengan kehidupan android. He he

Terimakasih, semoga bermanfaat tetap jaga kesehatan yach.

Adss Policy: Mohon maaf atas iklan yang tayang di blog ini jika tidak berkenaan, karena itu di luar dari tanggung jawab publiser.
Buka Komentar
Tutup Komentar