--> Skip to main content

acara belimbur di kutai karta negara puncak festival Erau 2019

Belimbur merupakan tradisi saling menyiramkan air kepada sesama anggota masyarakat yang merupakan bagian dari ritual penutup Festival Erau. Tradisi ini menjadi wujud rasa syukur masyarakat atas kelancaran pelaksanaan Erau. Selain itu, belimbur memiliki maksud filosofis sebagai sarana pembersihan diri dari sifat buruk dan unsur kejahatan. Air yang menjadi sumber kehidupan dipercaya sebagai media untuk melunturkan sifat buruk manusia.

pada dasar adatnya sebenarnya jika di jalankan sesuai dengan aturan adat pasti acara tersebut akan berjalan dengan lancar, dan tidak akan ada hal-hal yang tidak di inginkan.

Acara belimbur dinodai para oknum
kurang lebih setelah saya perhatikan di setiap tahunnya ada saja oknum yang mengatas namakan belimbur tapi tidak di lakukan sesuai adat, adat yang mengatakan bahwasannya siram-siraman itu harus menggunakan air bersih dan tidak menggunakan plastik, nah para oknum ini melakukan keluar dari adat tersebut, mengatas namakan belimbur tapi menggunakan air cabe dan air kotor dan menggunakan plastik, bahkan menurut saya ini bukan menyiram tapi melempar, bahkan banyak vidio yang viral seorang pengendara motor di lempar air sehingganya terjatuh, ada juga yang gak terima di lempar malah di pukul, bahkan di tahun - tahun sebelumnya pernah beredar vidio pelecehan terhadap perempuan.

kalian bisa bayangkan yang seharusnya acara adat berjalan dengan sakral karena sudah dilakukan secara turun-menurun malah di nodai para oknum yang tidak bertanggung jawab, seharusnya kita semua bisa menjujung tinggi adat-adat kita bersama.

Alhamdulilah sudah di tindak para oknumnya
tak lama setelah vidio viral itu para pelaku langsung di tindak tegas oleh pihak keraton, entah sangsi apa yang akan di berikan kita tinggal liat saja, karena keraton punya sangsi tersendiri soal oknum tersebut, mungkin bisa sampai di bawa ke ranah hukum, karena kalau di liat ini merupakan sebuah kekerasan.

pihak keraton juga menghimbau, barang siapa yang mendapatkan perlakuan kurang baik berupa kekerasan, atau pelecehan di persilahkan lapor ke pihak keraton, karena tanpa melapor pihak keraton tidak akan tahu.

semoga bermanfaat.

Adss Policy: Mohon maaf atas iklan yang tayang di blog ini jika tidak berkenaan, karena itu di luar dari tanggung jawab publiser.
Buka Komentar
Tutup Komentar